Rabu, 04 Juli 2012

ADAB MAKAN


  • Membaca basmalah ketika hendak makan dan hamdalah setelah selesai makan
     Wanita Muslimah diperintahkan membaca basmalah (bismillahir-rah-manirrshim) ketika hendak makan serta memulainya dengan tangan kanan.
     Dari Umar bin Abi Salamah, dia menceritakan, Rasulullah SAW pernah bersabda:
سَمَّ الله وَكُلْ بِيَمِنِكَ وَ كُلْ مِمَّ يَليِكَ (متفق عليه)

"Bacalah Nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang ada di dekatmu." (Muttafaqun Alaih)
Dari Aisyah, dia menceritakan, Rasulullah SAW telah bersabda:
"Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaklah dia membaca basmalah pada permulaannya. Dan apabila dia lupa membacanya, maka hendaklah dia membaca 'Bismillahi 'alaa awwalihi wa akhirihi' (dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya)."
Dari Jabir, dia menceritakan, aku pernah mendengar Rasulullah SAW telah bersabda:
"Jika salah seorang masuk rumahnya, lalu menyebut nana Allah ketika masuk dan ketika hendak makan, maka setan akan berkata (kepada sesamanya), 'Tidak ada tempat bermalam bagi kalian dan tidak adapula makan malam.' Tetapi jika masuk tanpa menyebut Allah ketika masuk, maka setan itu akan berkata (kepada teman sesamanya). 'Kalian mendapatkan tempat bermalam. 'Dan jika tidak menyebut Allah ketika makan, maka setan berkata: 'Kalian mendapatkan tempat bermalam dan sekaligus makan malam'." (HR. Muslim)



Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Apabila salah seorang kalian makan suatu makanan, maka hendaklah dia mengucapkan “Bismillah” (Dengan nama Allah), dan bila dia lupa diawalnya hendaklah dia mengucapkan “Bismillah fii awwalihi wa akhirihi” (Dengan nama Allah di awal dan diakhirnya).” {Shahih Sunan At-Tirmidzi 2/167 no. 1513 oleh Asy-Syaikh Al-Albani}
Menggunakan tangan kanan dan tidak menggunakan tangan kiri
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah makan dengan tangan kanan dan apabila dia minum, minumlah dengan tangan kanan. Karena setan apabila dia makan, makan dengan tangan kiri dan apabila minum, minum dengan tangan kiri.” {HR. Muslim}
  • Perintah memulai makan dari pinggir piring
Dari Ibnu Abbas, Nabi SAW, pernah bersabda:
"Berkah itu turun pada bagian tengah makanan, karenanya makanlah dari tetapi wadah makanan tersebut dan jangan mengambil dari tengahnya." (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)
At-Tirmidzi mengatakan bahwa status hadist tersebut hasan shahih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar